oleh

SMAN 18 Bandung Gelar Porseni dengan Tema “Pratibha Pradarsana”

JURNAL MEDIA, BANDUNG – SMAN 18 Bandung menghelat Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) bertema “Pratibha Pradarsana” yang berlangsung mulai 13-19 Desember 2023. Kepala SMAN 18 Bandung, Dani Wardani membuka langsung kegiatan tersebut, Rabu (13/12/2023).

Ada lima lomba yang digelar, yakni basket, futsal, vokal, desain poster, dan sprint. Selain cabang sprint yang jarang ditemukan di Porseni lain, basket 3 on 3 di SMAN 18 Bandung juga melibatkan siswi pada tim.

Ketua Pelaksana Acara, Vadly Ramliansyah mengatakan, inovasi tersebut adalah buah dari riset panitia. “Setelah diriset, ternyata banyak siswa di sini yang merupakan atlet lari, jadi kita jadikan lomba. Adapun pelibatan siswa perempuan berlandaskan pada kesetaraan dan memberi peran bagi siswi untuk turut mendukung tim dengan menjadi pemain,” katanya.

Baca Juga  Diduga Banyak Manipulasi Data, Tengah Imah Minta Disdik Jabar Verifikasi Data PPDB 2024

Adapun tema yang diambil, tambah Vadly, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti pameran bakat. Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan chemistry siswa di tiap kelas dan meningkatkan sportivitas dan cara berkompetisi yang benar.

Wakil Kepala SMAN 18 Bandung Bidang Kesiswaan, Adriani Widi Nugroho pun berharap, kegiatan tahunan ini bisa mengasah pendidikan karakter siswa. Mulai dari kerja sama, gotong-royong, kemandirian hingga tanggung jawab.

Sebagai pendidik, Adriani menuturkan betapa pentingnya menyediakan ruang berekspresi bagi siswa. “Ajang ini adalah kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan dirinya,” imbuhnya.

Namun, ia juga mengimbau para siswa untuk tetap menjaga kondusivitas. “Kegiatan ini sebagai ajang untuk bersenang-senang. Jangan sampai menimbulkan kerusuhan dengan menjadi egois dan rasa ingin menang yang berlebihan. Kita adalah keluarga,” pungkasnya.***

Komentar