oleh

Ini Tujuan Diluncurkannya Program Gagah Bencana di Kota Bandung

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan program Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana). Program ini sebagai upaya untuk menguatkan dan menjadikan keluarga memiliki kesiapan menghadapi bencana.

“Kepadatan penduduk yang tinggi begitu erat kaitannya dengan kepadatan hunian juga di Kota Bandung. Dengan padat pendudukan ini, memicu timbulnya berbagai permasalahan sosial tidak terkecuali kebakaran dan bencana lainnya yang ada di rumah tangga,” beber Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana di Pendopo Kota Bandung, Kamis 29 September 2022.

Yunimar memang sangat berharap bencana tidak hadir di Kota Bandung. Namun kesiapsiagaan harus ditumbuhkan untuk meminimalkan risiko bencana apabila terjadi.

Baca Juga  Kembangkan Kendaraan Hybrid, TAM Luncurkan All New Kijang Innova Zenix

“Program ini merupakan program pemerintah pusat. PKK mengambil peran untuk mensosialisasikan kesadaran. Tujuannya, agar masyarakat punya wawasan bagaimana menghindari bencana yang ditimbulkan di rumah tangga,” jelas Yunimar.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Asep Gufron menerangkan acara tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan warga terhadap bencana.

“Ini tidak melekat menjadi tanggung jawab Diskar PB (Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana) tapi ada hal yang perlu diedukasi kepada seluruh masyarakat minimal bisa mendeteksi sehingga masyarakat mampu berperan,” katanya.

“Nanti ada pelatihan bagaimana cara menangani kebakaran, mencegah tindakan dini oleh masyarakat bisa dilakukan masyarakat. Apabila terjadi musibah bisa diantisipasi, sehingga tidak membesar, jadi kebakaran manakala baru kecil itu masyarakat sudah paham cara memadamkan itu lebih bagus,” katanya.

Baca Juga  Jabar Berhasil Tetapkan Piala Presiden di Ajang Porwanas XIII di Malang

Sementara itu, Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana menerangkan, Kota Bandung menjadi pilot project terkait siaga kebakaran lingkungan.

“Kita lebih meningkatkan kolaborasi, tidak hanya penanganan tapi bagaimana kebakaran sampai tidak terjadi,” ujarnya.

Sedangkan Ketua lV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan pada TP PKK Provinsi Jawa Barat, Siska Gerfianti mengatakan, di provinsi Jawa Barat terdapat 14 kabupaten kota yang sudah menerapkan Gagah Bencana dari 27 kabupaten kota se Provinsi Jawa Barat.

“Hari ini sudah 14 dari 27 kabupaten kota di Jabar, termasuk Kota Bandung melakukan kegiatan ini. Sisanya 13 wilayah dilaksanakan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Ia menerangkan, Kota Bandung terpilih sebagai pilot project sebagai siaga kebakaran lingkungan.

Baca Juga  Pos Indonesia Beri Diskon 50 Persen Untuk Pengiriman Bantuan ke Cianjur

“Ini dilihat di Kota Bandung ketika terjadi kebakaran di lingkungan sangat sigap. Juga kolaborasi OPD dalam penanganan bencana sudah siap,” katanya.

***

Komentar

Berita Lainnya