oleh

Jadi Seorang Pemimpin Harus Punya 3 Visi Misi Ini

 

Bandung, JurnalMedia.com – Menjadi seorang pemimpin dituntut untuk terus berupaya mensejahterakan warganya. Namun tak cukup itu, pemimpin juga harus memiliki visi misi termasuk mempertahankan dan meningkatkan kearifan lokal.

Demikian dikatakan Buyung Lalana, tokoh masyarakat Jawa-Barat saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Graha Batununggal Bandung Sabtu (20/5).

“ini adal­ah makna keb­angkitan nasional, artinya kearifan lokal di Ja­bar harus terus dipertahan­kan dan dia­ngkat la­gi dengan semangat nasionalisme,” kata Buyung dihadapan ribuan peserta dari berbagai kalangan termasuk ormas dan LSM Kota Bandung dan Jawa-Barat.

Karena itu, dia mengingatkan, seorang pemimpin harus memiliki visi yang terkandung dal­am Tata Lampah, Tata Wilayah dan Tata Wayah.

Baca Juga  Sebanyak 312 Karyawan Millenial dan Influencer BUMN Ikut Roadshow 1000 Manusia Bercerita

Ta­ta lampah, harus dip­ertahankan, karena saat ini banyak yang melupakan kearifan lokal. “Coba lihat anak-anak kita, apa sudah sesuai dengan karakter dan nilai-nilai yang telah ditanamkan, hormat kepada orang tua, saling menghargai, itu yang paling penting,” tambah Buyung.

Sedangkan Tata wilayah, adalah wilayah terdiri daratan dan lautan. apakah kita sudah bijak men­gelola wilayah kita dimana sering ter­jadi bencana alam dan banjir. “Di laut, apakah kita sudah punya kearif­an lokal, karena Baheula itu yang jel­ek-jelej dibuang kelaut. Jangan sedikit-sedikit buang kelaut, kita putra Sunda, Parahyangan punya etika dan tata Krama,” kata Buyung.

Sementara Tata wayah, menurutnya kita harus mau beru­bah, jangan terbelen­ggu oleh kekerdilan kita sendiri, sebagai anak bangsa.

Baca Juga  PWI se Bandung Raya Mendesak PWI Pusat Segera Gelar KLB

“Sebag­ai orang Sunda kita bisa memimpin. Lihat Ali Sadikin dan masih banyak putra Sunda lainnya. Saya pernah berdinas di berbagai daerah, ya wayahna wae kita sebagai anak bangsa harus punya kebija­kan mau menyumbangkan tenaga, pikiran dan apapun untuk bangsa dan negara,” pungkas pria yang akan mencalonkan menjadi Gubernur Jabar ini.

(Mal/Tan)

Komentar