oleh

JCA akan latih Warga Manfaatkan Sampah

Bandung, Jurnalmedia.com – Persoalan sampah tidak hanya ada di Kota Bandung. Hampir setiap kota di Indonesia punya permasalahan yang sama.

Tantangan penyelesaian masalah sampah, menurut Komunitas Peduli Ciptaan Indonesia, ada pada pendidikan masyarakat. Mereka harus paham bagaimana memperlakukan sampah.

Yolanda Hariawan selaku panitia Jabar Clean Action menuturkan, kegiatan ini akan mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah, mana yang bisa didaur ulang, mana yang tidak.

“Dari situ diajarin ada yang ke bank sampah, ada yang masuk ke tempat pembuangan sampah biasa,” tutur Yolanda di Pendopo Kota Bandung, Kamis (5/10/2017).

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil sangat mendukung kegiatan itu. Baginya, apa yang telah sukses dipraktekkan di Bandung tidak ada salahnya untuk dibagikan juga ke daerah lain.

Baca Juga  PWI Lampura Makin Siap Menggelar Konferkab ke VIII

“Ini adalah upaya upaya kita melanggengkan sebuah pola pikir bahwa kebersihan itu adalah tanggung jawab bersama,” ujar Ridwan.

Jabar Clean Action akan dilaksanakan di 29 lokasi di 16 kota/kabupaten di Jawa Barat. Para relawan yang telah dihimpun melalui formulir digital ditargetkan akan berjumlah 3000 orang.

“Mudah-mudahan kalau dirutinkan bisa jadi budaya, sehingga se-Jawa Barat kotanya bisa Adipura semua,” katanya.

Di Bandung sendiri, Ridwan telah mengimbau ke kewilayahan untuk mengerahkan relawan. Setidaknya, akan ada 100 orang di tiap kelurahan. Jika dijumlahkan, ada 15.000 orang yang siap turut serta menjaga lingkungan Kota Bandung.

“Mudah-mudahan kota ini selalu terawat, kota ini selalu bersih dengan partisipasi dari warganya yang sangat aktif,” pungkasnya.

Komentar