oleh

Buka Masker di Ruang Terbuka, Ini Kata Walikota Bandung

JURNLA MEDIA, BANDUNG — Terkait penggunaan masker di ruang terbuka, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Namun menurut Yana, masker tetap menjadi pelindung diri dari paparan Covid-19. Namun

“Saat ini, presiden mengatakan soal kegiatan outdoor bisa membuka masker. Kita serahkan lagi kepada keyakinan masyarakat,” kata Yana di Gedung Generasi Muda Rabu 18 Mei 2022.

Kendati demikian, bagi Yana, yang pernah mengalami Covid-19, tetap memerlukan masker sebagai pelindung diri.

“Bagi orang yang pertama mengalami Covid-19, saya tetap menggunakan masker sebagai alat kesehatan saya,” ujarnya.

“Tapi sekali lagi cukup yakin virus covid itu pastinya bermutasi, penyebarannya droplet. Mudah-mudahan penggunaan masker bisa menghindari Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkot Bandung Upayakan Penambahan Vaksin PMK

Di sisi lain, Yana yakin situasi pandemi Covid-19 di Kota Bandung relatif terkendali. Bahkan sudah masuk fase endemi, jika mengukur dari sejumlah indikator.

“Berdasarkan indikator yang ada dan proses vaksinasi di Kota Bandung sangat luar biasa. (Vaksinasi) Dosis pertama, 113 persen, dosis kedua sudah 103 persen dan dosis ketiga itu 34 persen,” tuturnya.

“Saya baca dari badan kesehatan dunia (WHO), kalau satu wilayah proses vaksinasinya 100 persen itu secara teori pandemi covid 19 di wilayah itu beralih menjadi endemi,” tutur Yana.

“Kelihatannya teori terbukti di Kota Bandung karena pada saat Omicron, dari 100 persen yang meninggal, 70 persen itu orang belum dapat vaksin dan 30 persennya komorbid,” terangnya.

Baca Juga  Harga Minyak Goreng Curah di Kota Bandung Kembali Normal

***

Komentar

Berita Lainnya