oleh

Kunci Keberhasilan Pemimpin Menurut Sekda Kota Bandung

BANDUNG, jurnalmedia.com — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan jabatan yang dimilki merupakan titipan yang harus dijaga dengan amanah dan dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Sehingga ketika manusia menerima titipan tidak lantas membuat ia menjadi orang yang sombong.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan bagi Pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Bandung di Balaikota Bandung, Selasa, 6 April 2021.

“Ketika diberikan amanah semaksimal mungkin kepercayaan ini harus kita laksanakan sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsi tanggung jawab. Ini harus menjadi renungan agar merunduk tidak sombong dengan jabatan yang dititipkan kepada kita,” tegas Ema.

Baca Juga  Kunjungi Lampung Utara Guberbur Arnal Djunaidi Ajak Warga Senam Sehat

Di samping itu Ema juga menyebutkan ada lima kunci kesuksesan yang menjadi pedoman agar selamat dalam menjalankan tugas dan kewajiban yaitu sifat sukses yang dimilki oleh Rasulullah SAW.

“Kunci sukses itu ada lima, jika kita ingin selamat dunia dan akhirat yaitu sifat sukses yang dimilki oleh Rasulullah SAW : Siddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh, dan Bersyukur,” ucapnya.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, kepada para pejabat untuk tidak menyiayiakan kepercayaan yang telah diamanatkan oleh pimpinan. Pejabat juga harus selalu meningkatkan kualitas kecerdasan baik spiritual, emosional maupun intelektualnya.

“Pejabat harus menyakini bahwa kesuksesan itu atas kehendak Allah SWT. Kepercayaan yang dititipkan jangan disia-siakan, meningkatkan kulitas kecerdasan baik IQ, EQ maupun EQ dan juga mencerdaskan warga masyarakat serta pandai bersyukur sebagai refleksi dalam implementasi kehidupan,” jelasnya.

Baca Juga  Siswa SMPT NU PujjaYanpa'una Terpilih Ikut O2SN

Dalam kesempatan itu Ema pun meminta kepada para pejabat untuk bisa segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi di tempat baru nya dan melakukan kinerja yang lebih baik lagi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Segera hadirkan kinerja yang jauh lebih baik, jangan terlalu lama berlindung dalam kata adaptasi,” pintanya.

“Kepada para pejabat baru apabila ingin melaksanakan kegiatan mohon untuk memperhatikan prokes jangan sampai melaksanakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang. Lebih baik online saja atau dengan jumlah orang yang terbatas. Saya tidak akan mengizinkan dan merekomendasikan itu,”lanjutnya.

Pada pelantikan kali ini, ada sekitar 20 pejabat di lingkungan Sekda Kota Bandung yang mengikuti acara serah terima jabatan baik itu karena rotasi, mutasi maupun promosi terkait dengan adanya perubahan struktur organisasi.

Baca Juga  Pj Bupati Tubaba Hadir di Pembukaan PRL 2024

**

Komentar

Berita Lainnya