oleh

Hadir di Gedebage, Youth Space Menjadi Tempat Pemuda Aktualisasi Diri

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung kembali menghadirkan youth space  di Kelurahan Rancanumpang, Gedebage pada Selasa, 1 Maret 2022. Peresmian youth space tersebut dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

“Ini menjadi youthspace ke-10 yang sudah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmikan. Mudah-mudahan tempat ini bisa menjadi tempat para pemuda Gedebage mengaktualisasikan dirinya,” ujar Yana.

Yana berharap, dengan energi luar biasa yang dimiliki para pemuda bisa melahirkan ide dan gagasan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

“Pasca covid-19 mari kita bisa bersama-sama melakukan percepatan pemulihan ekonomi. Saya titip, gunakan tempat ini dengan baik dan tolong dipelihara. Sehingga tempat ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk pemuda, tapi juga masyarakat di Kecamatan Gedebage,” imbaunya.

Baca Juga  Sebanyak 80 Atlet Kota Bandung Bakal Berlaga di Pesonas 2022

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Eddy Marwoto menyampaikan, pemuda Kota Bandung memiliki jiwa kreativitas, inovatif, mandiri, dan tangguh untuk menghadapi tantangan era globalisasi.

“Sekarang sudah bukan lagi era industri 4.0, tapi sudah masuk ke society 5.0 Maka, untuk para pemuda manfaatkan youthspace ini dengan kegiatan positif, bantu majukan Kota Bandung,” harap Eddy.

Youthspace merupakan salah satu janji politik yang diusung almarhum wali Kota Bandung, Oded M. Danial beserta Yana. Sampai saat ini, Eddy menambahkan, sudah ada 11 youth space yang dibangun.

“Rencananya tahun 2022 kita akan bangun 11 youth space lagi. Lalu, di tahun 2023, kita akan selesaikan sisanya, yaitu pembangunan 8 youthspace,” paparnya.

Baca Juga  Maksimalkan Layanan Publik , Pemkot Bandung Adopsi MPP Kabupaten Badung

Terpilihnya Rancanumpang menjadi titik youth space ke-10 bukan tanpa alasan. Kepala Camat Gedebage, Jaenudin mengatakan, pembangunan youthspace ini merupakan bentuk wujud apresiasi dan penghargaan kepada Rancanumpang sebagai wilayah pertama di Kota Bandung yang meraih Open Defecation Free (ODF).

“Selain itu, karang taruna kami juga berhasil membuat inovasi pengolahan mesin sampah menjadi pupuk. Bahkan mesinnya sudah diproduksi juga untuk kota-kota lain,” ucap Jaenudin.

Jaenudin juga menambahkan, dari jumlah penduduk Gedebage sebanyak 40.000 jiwa, 46 persennya merupakan usia pemuda.

“Ini menjadi bonus demografi untuk wilayah kami ya. Potensi pemudanya sangat besar. Semoga para pemuda ini bisa memanfaatkan youth space dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga  Dua Gerai Holywings di Kota Bandung Berhenti Beroperasi

Salah satu putra asli Rancanumpang yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi A di DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat sangat mengapresiasi kehadiran youth space ini daerahnya.

Ia berharap, youth space ini bisa menjadi cikal bakal inovasi para pemuda Kota Bandung, khususnya di Gedebage.

“Semoga ruangan ini tidak hanya menjadi sebuah ikon, tapi bisa mendorong kemajuan para pemuda di Rancanumpang,” kata Asep.

***

Komentar

Berita Lainnya