oleh

Pemkot Bandung Salurkan Bantuan Terdampak Banjir

Bandung, Jurnalmedia.com – Pasca terjadinya banjir bandang pada Selasa (20/3/2018) petang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung langsung menyalurkan bantuan kepada warga terdampak. Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dan PD. Kebersihan Kota Bandung yang berjibaku menolong warga, kini giliran Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) dan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung yang memberi bantuan pangan.

Pada Rabu (21/3/2018), Dispangtan memberikan bantuan berupa 2,3 ton beras untuk dibagikan kepada warga. Bantuan tersebut diserahkan di Posko Penanggulangan Bencana Kelurahan Jatihandap dan diterima langsung oleh Camat Kiaracondong dan Camat mandalajati.

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Elly Siti Wasliah menuturkan bantuan tersebut merupakan bagian dari perhatian pemerintah terhadap warga yang terdampak bencana. Dispangtan langsung mengeluarkan cadangan pangan Kota Bandung untuk diserahkan kepada warga.

“Bantuan baru diberikan kepada 190 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 880 jiwa. Bantuan diberikan untuk kebutuhan 10 hari ke depan,” tutur Elly kepada Humas Setda Kota Bandung.

Pemkot Bandung Salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir.

Elly menuturkan, sejauh ini berdasarkan data yang diterima, ada tiga kelurahan yang perlu mendapatkan bantuan, yakni Kelurahan Jatihandap Kec. Mandalajati dengan korban sebanyak 229 kepala keluarga (KK), Kelurahan Pasirlayung Kec. Cibeunying Kidul sebanyak 35 KK, dan Kelurahan Cicaheum Kec. Kiaracondong sebanyak 500 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 1.500 orang.

“Karena bantuan yang diberikan hari ini baru untuk 190 KK, besok (Kamis, 22/3/2018) kami akan kembali mengirimkan bantuan sekitar 5 ton beras,” ujarnya.

Elly menambahkan, beras yang dibagikan kepada warga berasal dari Cadangan Pangan Daerah yang dititipkan di gudang Bulog. “Akhir tahun 2017 cadangan pangan Kota Bandung sebanyak 60 ton dan tahun ini kita akan kembali membeli 30 ton,” tuturnya.

Tak hanya Dispangtan, bantuan juga diberikan oleh Dinsosnangkis. Dinas yang dikepalai oleh Tono Rusdiantono itu menyerahkan 100 karung beras, 100 dus mie instan, dan 100 buah kecap manis untuk dibagikan di posko. Sementara itu, ada 10 orang anggota Taruna Siaga Bencana yang disiagakan di posko untuk membantu warga yang membutuhkan.

Komentar

Berita Lainnya