oleh

Kota Bandung Pusat Aktivitas Anak Muda Asia Timur dan Amerika Latin

Bandung, Jurnalmedia.com – Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil meresmikan Forum for East Asia – Latin America Cooperation (FEALAC) Youth Center di Bandung Creative Hub, Jumat (19/1/2018). Peresmian tersebut menandai organisasi pemuda Asia Timur dan Amerika Latin itu mulai bisa beraktivitas di ruangan di lantai 5 gedung tersebut.

FEALAC Youth Center merupakan gagasan yang dibawa oleh Pemerintah Indonesia pada saat FEALAC Youth Forum di Busan, Korea Selatan, pada tahun 2017. Rencana itu diutarakan dan mendapat respon positif dari negara-negara anggota FEALAC.

Wacana pendirian FEALAC Youth Center di Kota Bandung sesungguhnya telah mengemuka saat FEALAC Youth Forum diselenggarakan di Bandung tahun 2015. Saat itu, Ridwan Kamil menawarkan Kota Bandung, sebagai kota pemuda dan menjadi pusat aktivitas anak muda FEALAC, baik secara riil maupun virtual.

Baca Juga  Ema Sumarna: Kunci Sukses, Komitmen dan Disiplin

“Tahun 1955 kita ada ibu kota Konferensi Asia Afrika, kita perlebar ke Asia Timur dan Amerika Latin sehingga pemudanya bisa jadi sebuah jejaring. Kami paling bersamangat. Tapi semangat saja tidak cukup. Maka kami perlihatkan komitmen ini dengan menyediakan fasilitas untuk berkumpul dan beraktivitas,” tutur Ridwan.

Dengan hadirnya FEALAC di Kota Bandung yang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri, Ridwan berharap, Kota Bandung bisa menjadi pusat perkembangan potensi pemuda di wilayah Asia Timur dan Amerika Latin.

Selain itu, ia berharap hal tersebut menjadi pintu bagi warga 36 negara anggota FEALAC untuk mengenal dan datang ke Kota Bandung.

“Saya harapkan nanti di gedung ini ada banyak hilir mudik anak-anak muda dari Asia Timur dan Amerika Latin dan beraktivitas dengan kegiatan yang positif,” harapnya.

Baca Juga  Kota Bandung dan Inggris Bahas Pemanfaatan Big Data

Ia memastikan bahwa Kota Bandung bersedia menjadi gerbang diplomasi bagi Indonesia. Ia akan sangat senang jika Kota Bandung bisa menjadi inkubator ide-ide luar biasa lintas negara.

“Aura energi kita ini positif. Aura ini berkumpul dengan orang-orang optimis, bersemangat, dan yakin tentang masa depan,” ucapnya kepada para anggota FEALAC yang hadir.

FEALAC Youth Center akan diisi dengan berbagai kegiatan pemuda yang secara nyata menghubungkan jejaring para pemuda di negara-negara tersebut. Rencananya akan digelar berbagai kursus bahasa atau kursus virtual antar-negara yang diikuti oleh para pemuda FEALAC.

Komentar

Berita Lainnya