oleh

Pengurus MKKS Jabar Dilantik, Ini Pesan Kadisdik Jabar

JURNAL MEDIA, CIREBON — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyampaikan, berbicara tentang Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi, saat ini sekolah menengah kejuruan (SMK) menjadi tumpuan/beban yang luar biasa.

Hal tersebut disampaikannya dalam Pelantikan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jabar di SMK Negeri 1 Mundu Kabupaten Cirebon, Minggu 30 Januari 2022.

Salah satunya, ungkap Kadisdik, ditunjukkan dengan jumlah siswa antara SMA dan SMK yang saat ini timpang, termasuk dukungan sarana dan sebagainya.

Kadisdik berharap, pengurus terpilih bisa menjadi tim solid, bersinergi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.
Sehingga, semakin banyak yang bisa dilakukan oleh MKKS bagi kebermanfaatan SMK-SMK di Jabar.

Baca Juga  Pj Gubernur Jabar Larang Kekerasan dan Perundungan di MPLS SMA/SMK

“Sebenarnya, banyak hal yang sudah kita lakukan dan inovasi yang telah digarap, hanya gaungnya belum sampai pada level pimpinan,” ungkapnya, seraya menambahkan, seolah mereka berpendapat bahwa SMK masih sekian tahun ke belakang.

“Saya butuh peran MKKS. Peran pertama, tolong jadi tim lobi, selain tugas khusus yang sudah berjalan,” pesannya.

Kadisdik pun mengimbau MKKS untuk meminta perhitungan survei soal pengangguran dari lulusan SMK. Setelah diketahui, keluarkan ide. Mulai kemukakan, perubahan untuk makna positif tentunya.

“Yang mengemuka bukan soal yang tidak bekerja, tapi yang bekerja berapa persen. Ke depan, SMK itu maknanya positif. Bisa jadi, anggapan itu karena yang disurvei yang bekerja di industri, sedangkan yang berwiraswasta dianggap tidak bekerja,” tuturnya.

Baca Juga  Diduga Banyak Manipulasi Data, Tengah Imah Minta Disdik Jabar Verifikasi Data PPDB 2024

Kadisdik menambahkan, produk SMK tidak hanya ditampilkan, tapi juga dijual. Harus dicarikan tempat. Produk dari SMK ditampung di MKKS, lalu dijual.

“Untuk BLUD, 35 SMK BLUD harus memberikan kepercayaan pada pimpinan. Tolong buka akses baru, tidak sama dengan masuk sekolah. Saya yakin dan percaya, MKKS bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,” pungkasnya.

***

Komentar

Berita Lainnya