oleh

Ridwan Kamil ajak Warga Jabar Ikut JIM Virtual Run 2021

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil me-launching Jabar International Marathon (JIM) Virtual Run 2021. Ia berharap event tersebut dapat memicu semangat masyarakat Jabar untuk sama-sama keluar dari pandemi Covid-19 yang sudah satu setengah tahun lebih melanda Indonesia, termasuk Jabar.

“Kita jadikan ini momen ketangguhan, momen kebangkitan dan salah satu yang paling disukai adalah olahraga berlari,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– dalam acara live instagram Launching JIM Virtual Run 2021, Rabu (17/11/2021).

Pendaftaran JIM Virtual Run 2021 akan dibuka pada 19-21 November 2021. Event tersebut akan berlangsung secara hybrid atau ada yang dilaksanakan secara offline dengan kuota terbatas di Kabupaten Pangandaran pada 21 November 2021 maupun virtual yang berlangsung pada 20-28 November 2021.

Kang Emil mengingatkan agar event tersebut, khususnya yang berlangsung secara offline, untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga situasi pandemi Covid-19 yang sudah mulai membaik bisa terjaga.

“Pokoknya dari saya, apapun yang bukan Covid, bikin bahagia. Sudah cape kan kita hidup diberhentikan oleh Covid. Ini salah satu semangat bahwa kita akhiri dengan prokes, kita jaga situasi yang baik ini dengan mulai lagi berwisata, berolahraga dengan prokes. Salah satunya adalah JIM,” ucapnya.

“Mudah-mudahan minggu lancar, Covid surut. Kita bisa apa aja sebenarnya asal prokes, sehingga kita harapkan 2022 hidup kita lebih normal lagi, lebih ramai lagi, lebih bahagia, lebih sehat,” imbuhnya.

Dalam event tersebut, akan ada 2.000 medali yang terbagi dalam beberapa kategori. Rinciannya, 750 medali untuk kategori 5K, 750 medali untuk kategori 10K, 250 medali untuk kategori 21K, dan 250 medali plus jersey finisher untuk kategori 42K.

“Pendaftarannya di situ (jimvirtualrun.jabarprov.go.id) bisa lewat IG juga di @JabarInternationalMarathon. Kemudian kategorinya dibagi beberapa kategori. Yang 2.000 orang itu melakukan virtual run di rumah atau lokasi masing-masing ada 5K, 10K, 21K dan 42K yang marathon,” ucapnya.

“Tentunya semua yang finish mendapatkan medali sebagai finisher dan menambah track record sebagai orang yang finish berpartisipasi di berbagai marathon,” imbuhnya.

Atlet lari nasional asal Jabar yang juga peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua, Agus Prayogo, akan berpartisipasi dalam JIM Virtual Run 2021 di Kabupaten Pangandaran.

Desain Langsung Medali

Selain itu, ada yang spesial dalam JIM Virtual Run 2021, yakni medali yang akan didapatkan para peserta didesain langsung oleh Kang Emil.

Di bagian atas medali, ada tulisan JIM 2021. Di bagian bawahnya, terdapat Gedung Sate. Menurut Kang Emil, ada sedikit perbedaan desain medali untuk setiap kategori.

“Jadi ini ada tulisannya JIM (Jabar Internasional Marathon) 2021, di bawahnya ada Gedung Sate. Agak beda-beda sesuai kategorinya,” ucapnya.

Sedangkan di bagian tali, Kang Emil memasukkan warna ciri khas Jabar yakni hijau, kuning, dan biru.

“Jawa Barat itu warnanya tiga. Ada hijau, ada kuning, ada biru. Jadi kalau lihat bajunya juga sama, ada hijau, ada kuning, ada biru,” tutur Kang Emil.

Kang Emil pun menjelaskan, bentuk medali JIM 2021 terinspirasi dari donat. Maka pada bagian tengah medali dibuat berlubang laiknya donat.

“Ini terinspirasi waktu di restoran, saya lihat donat nikmat. Akhirnya jadi kayak donat,” ucapnya.

***

Komentar

Berita Lainnya