oleh

Edy Purwanto: Karya dan Inovasi SMK Harus Dipamerkan Biar Dikenal

BANDUNG, jurnalmedia.com — Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Edy Purwanto mengatakan, banyak karya dan inovasi yang dihasilkan para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat (Jabar). Agar lebih dikenal masyarakat luas, produk siswa harus dipamerkan dengan berbagai cara.

“Dengan pameran, sekolah bukan hanya mengenalkan produk karya siswa, tapi juga memasarkan produk tersebut kepada masyarakat,” ungkapnya  saat menghadiri Pameran Hasil Karya dan Start Up Bisnis Siswa “Virtual Expose Salapan” di SMKN 9 Bandung, Jln. Soekarno-Hatta No. 10, Kota Bandung, Sabtu (10/4/2021).

Edy menjelaskan, pameran bisa meningkatkan mutu para siswa untuk siap berkarya, berinovasi, dan menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat. Ia pun mengapresiasi inisiatif SMKN 9 Bandung yang mengadakan pameran secara virtual. “Meski pandemi, pameran tetap berjalan. Karena digelar secara virtual, jadi tetap bisa dilihat langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Abdul Hadi: Banyak Kendala Dalam Tata Cara Pelaksanaan Pendidikan Terbuka

Untuk itu, Edy mendorong seluruh SMK di Jabar agar melakukan hal yang sama. “Pameran ini bisa dilakukan oleh SMK di Jabar dengan keragaman kompetensi keahlian yang dimiliki,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Arief Subakti pun meyakini, produk dan karya siswa ini mampu berkompetisi di dunia usaha. “Saya sudah lihat beberapa produk yang ditampilkan. Saya yakin produk tersebut bisa bersaing,” pungkasnya.

**

Komentar

Berita Lainnya