oleh

SMAN 7 Bandung Gelar Panen Karya Siswa Bertajuk Natya Budaya

JURNAL MEDIA, BANDUNG – SMAN 7 Bandung menggelar Panen Karya Siswa dalam rangka project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Senin (19/6/2023).

Bertajuk “Natya Budaya”, ada tiga tema yang dipamerkan, yakni Bhinneka Tunggal Ika, gaya hidup berkelanjutan, dan kewirausahaan.

Semua tema ditampilkan dengan beragam bentuk. Untuk tema Bhinneka Tunggal Ika, para siswa menampilkan tarian dan lagu daerah menggunakan pakaian  tradisional. Sedangkan gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan dijajakan di seluruh stan di setiap kelas.

Kepala SMAN 7 Bandung, Yudin Wahyudin mengatakan, ajang ini adalah ruang apresiasi bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki. “Ini adalah puncak dari proses mereka belajar selama satu tahun. Semua dituangkan dalam project P5 ini. Masing-masing kelas menampilkan kesenian di berbagai kebudayaan di Indonesia,” katanya.

Baca Juga  Diduga Banyak Kecurangan di PPDB Jabar, Tengah Imah Geruduk Disdik Jabar

Selain itu, lanjutnya, ini juga menjadi cara bagi sekolah untuk mengajak siswa melestarikan warisan budaya di Indonesia. “Kita berharap, dengan P5 ini, budaya asli Indonesia (ada gotong-royong, kebinekaan global, kreativitas, dan kemandirian) anak-anak kita bisa menerapkan itu,” harapnya.

Salah satu siswa, Devina Putri Hermawan mengaku mendapat banyak manfaat dari panen karya ini. “Panen karya ini banyak banget manfaatnya. Selain dapat mengenal budaya, kita juga belajar kerja sama tim, gotong-royong, dan saling menghargai satu sama lain,” tutup siswa kelas X ini.***

Komentar

Berita Lainnya