oleh

Gebyar PIPPK Cinambo Digelar, Ini Kata Yossi..

Bandung, jurnalmedia.com – Membangun Kota Perlu Partisipasi masyarakat dan Pemerintah yang sinergis, Ciri Kota yang maju adalah meningkatnya partisipasi warga dalam semua aspek diantaranya Pembangunan Kewilayahan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto disela arahan pembukaan acara gebyar PIPPK tingkat Kecamatan Cinambo.

“Salah satu dampak dari modernisasi dan globalisasi adalah meningkatnya partisipasi warga dalam pembangunan,
Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Bandung sudah 2,5 tahun menggalakan program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK)
” tutur Sekda Kota Bandung Yossi Irianto di Gedung Serbaguna Kecamatan Cinambo, Sabtu (16/09/17).

Ditambahkan olehnya partisipasi Masyarakat tidak hanya sebatas objek tetapi juga subjek yang turut serta merancang, melaksanakan, bahkan mengendalikan pembangunan.

Baca Juga  PJ Bupati Tubaba Hadiri Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Juz 30 dan Al-Iktisyaf Angkatan ke VI

“Semua turut instrumen masyarakat harus turut andil dan punya peran serta masing masing dalam membangun wilayahnya,” jelasnya.

Dalam dua tahun terakhir, Yossi menilai perkembangan PIPPK baik walau dari sisi penyerapan anggaran masih perlu pemahaman bersama antara Lurah dan Camat. Tahun 2018 mendatang, pihaknya memiliki keinginan kuat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan swakelola tersebut.

Berdasarkan evaluasi, Yossi juga megatakan, kehadiran Lembaga Pemberdayaan Mamsyarakat (LPM) sudah dirasakan manfaatnya dan masyarakat juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap pembangunan. Ia menegaskan, dalam hal ini masyarakatlah yang berkontribusi membangun bersama dan LPM hanyalah lembaganya.

Sementara itu Kepala Kecamatan Cinambo Dadang Iriadi menjelaskan, penyerapan anggaran PIPPK di tingkat Kewilayahan khusunya di Kecamatan Cinambo Kota Bandung akan terus ia upayakan untuk terus terserap.

Baca Juga  PWI Lampura Makin Siap Menggelar Konferkab ke VIII

“Di kecamatan Cinambo Penyerapan anggaran PIPPK memang masih rangking 20 se Kota Bandung, kedepannya penyerapan anggaran PIPPK ini akan terus kita tingkatkan untuk pemerataan pembangunan Di tingkat Wilayah Cinambo,” Jelasnya.

 

Red

Komentar