oleh

MTQ Jabar ke-37, Kafilah Kota Bandung Optimistis Pertahankan Juara

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Wali Kota Bandung, Yana Mulyana Optimis kafilah MTQ Kota Bandung dapat mempertahankan prestasi juara umum tingkat provinsi untuk kesembilan kalinya.

Hal tersebut diungkapkan Yana seusai menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan IPP, Kabupaten Sumedang, Minggu, 19 Juni 2022.

“Mudah-mudahan kita bisa tetap mempertahankan juara umum kesembilan kalinya secara berturut-turut,” Kata Yana.

Yana memberikan semangat kepada para kafilah Kota Bandung yang akan berlaga di MTQ Tingkat Jawa Barat.

Optimisme serupa disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna. Dia berharap, para kafilah Kota Bandung bisa memberikan hasil yang maksimal.

“Tetap komitmen, terus semangat. Semoga bisa memberikan hasil yang terbaik bagi Kota Bandung,” kata Ema

Baca Juga  Dua Gerai Holywings di Kota Bandung Berhenti Beroperasi

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, ajang MTQ tingkat Jawa Barat ini dapat memberikan efek domino bagi masyarakat mengamalkan nilai nilai kebaikan dalam Alquran.

“MTQ bukan hanya seremonial tetapi kewajiban kita sebagai muslim untuk membumikan Alquran,” kata Uu dalam sambutannya.

Menurut Uu, MTQ merupakan bagian syiar agama Islam. Selain itu, juga berfungsi sebagai arena evaluasi m sejauh mana pendidikan dan pembinaan Alquran kepada masyarakat.

“Evaluasi untuk ulama qiraah dan LPTQ, sudah sejauh mana pendidikan ke para santri,” katanya.

Uu berharap, MTQ Jabar menghasilkan bibit unggul untuk persiapan ke MTQ nasional. Pada MTQ nasional 2020 Jabar berada di peringkat tiga nasional.

Baca Juga  Wali Kota Sampaikan 4 Raperda Kepada DPRD Kota Bandung

Rangkaian pembukaan diawali dengan pawai ta’aruf, berupa iring-iringan kebudayan khas masing-masing kota kabupaten mengitari sejumlah ruas jalan di Sumedang. Dilanjutkan dengan pawai defile kafilah dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

MTQ Jabar tahun ini mengusung tema MTQ Melesatkan Jabar Sebagai Provinsi Terdepan Dalam Inovasi dan Kolaborasi.

Untuk diketahui, MTQ akan diikuti 1.123 peserta terdiri dari 570 putra dan 549 orang putri dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sedangkan kafilah MTQ Kota Bandung terdiri dari 54 Orang Peserta, 33 Pembina, dan 6 Pendamping.

Mempertandingkan beberapa cabang di antaranya cabang Tilawah Alquran, Hifzh Alquran, Tafsir Alquran, Khath Alquran dan Karya Tulis Ilmiyah Alquran.

Baca Juga  Tingkatkan SDM, Gibas Kota Bandung Gelar Diklat Kepemimpinan

MTQ Ke-37 tingkat Provinsi Jawa Barat digelar di Kabupaten Sumedang, 18 – 25 Juni.

***

Komentar

Berita Lainnya