oleh

Spesifikasi Asus VivoBook 14, Laptop Berkualitas Harga Terjangkau

JURNAL MEDIA — Perkembangan teknologi yang tak ada habisnya membuat para pengembang teknologi bersaing membuat inovasi terus menerus. Tak terkecuali dengan perusahaan laptop asal Taiwan yang dikenal dengan Asus. Di akhir tahun 2020, Asus mengeluarkan sebuah laptop berkualitas dengan harga terjangkau yaitu Asus VivoBook 14 (A416). Berikut akan disajikan spesifikasi dari Asus VivoBook 14.

Desain Ringkas dan Elegan

Kali ini, Asus memberikan desain yang ringkas dan elegan pada laptop buatannya. Bobot dari laptop ini sendiri hanyalah 1,6 kilogram dengan ketebalan sekitar 19,9 mm. Body laptop tersebut ringkas karena memiliki teknologi Nano Edge Display yang membuat bezel layar dari Asus VivoBook 14 (A416) terlihat tipis.

Laptop dengan desain ringkas ini memiliki layar yang berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Sudah pasti layar tersebut nyaman digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari ataupun menonton konten multimedia. Tak hanya itu saja, laptop ini juga dilapisi dengan lapisan anti silau dan sudut pandang sampai 178 derajat.

Baca Juga  Anthony Hamzah Kembali Terpilih Sebagai Ketua Kopsa-M Riau

Prosesor dan Chipset Gahar

Prosesor yang dipakai oleh seri A416 ini disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Dari prosesor yang paling rendah yaitu Intel Celeron N4020 hingga prosesor yang paling tinggi yaitu Intel Core i5-1035G1. Variasi dari berbagai spesifikasi tersebut menyebabkan adanya perbedaan harga dari tiap tipe.

Pada chipset grafisnya juga sama, terdapat beberapa pilihan yang dapat Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda. Mulai dari Intel UHD Graphics sampai NVIDIA GeForce MXX30. Bagi Anda yang membutuhkan performa grafis yang ekstra, seperti kebutuhan game, editing video, dan lainnya, chipset NVIDIA GeForce MXX30 merupakan pilihan yang tepat.

Kapasitas Penyimpanan yang Cukup Besar

Asus VivoBook 14 (A416) memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Standar RAM yang dimiliki adalah 4 GB, tetapi bisa di-upgrade sampai dengan 16GB karena telah menggunakan memori DDR4. Laptop ini memiliki dua jenis penyimpanan yaitu dengan menggunakan 2.5’’ SATA dan M.2 Pcle.

Baca Juga  DPR RI dan Parlemen Kenya Diskusi Mekanisme Pengawasan Keuangan Parleman

Pengguna juga bisa menempatkan SSD dan HDD ke dalam laptop, tetapi tergantung dengan konfigurasi dari laptop tersebut. Yang perlu diketahui, laptop ini juga memberikan perlindungan ekstra untuk HDD yang disebut dengan E-A-R Protection. Hal itu dapat melindungi HDD saat terjadi kerusakan pada perangkat.

Konektivitas dan Hardware yang Lengkap

Selanjutnya untuk konektivitasnya cukup lengkap. Terdapat port HDMI, USB Type-A, USB Type-C, beserta combo audio jack yang dapat menunjang pekerjaan atau kebutuhan sehari-hari. Selain itu, terdapat konektivitas nirkabel seperti Bluetooth 4.1 dan Wifi-5 yang masing-masing digunakan sebagai alat konektivitas tanpa kabel.

Untuk hardware, laptop ini memiliki keyboard yang dilengkapi dengan backlit untuk mengetik dalam keadaan gelap. Jarak antara keyboard satu dengan lainnya adalah 1,44 mm sehingga cukup baik untuk mengetik.

Baca Juga  Forum Dosen SMB ITB Petisi Mosi Tak Percaya Terhadap Muhamad Abduh

Tak hanya itu saja, laptop ini juga memiliki satu kamera yang dapat digunakan untuk kebutuhan bekerja maupun belajar. Fasilitas lain yang tak kalah menarik ialah disediakannya Microsoft Office Home & Students, sehingga pengguna tidak perlu membeli ataupun mengunduh Microsoft Office secara ilegal.

Harga yang Terjangkau

Asus VivoBook 14 (A416) dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu dari Rp4.799.000 sampai Rp10.799.000. Laptop ini sendiri dari pabrikannya memiliki tujuh tipe yang masing-masingnya memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung dengan harganya.

Nah, itu tadi spesifikasi dari Asus VivoBook 14 yang merupakan laptop dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, laptop ini sangat direkomendasikan. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dengan memberikan referensi bagi Anda yang ingin membeli laptop baru.

Komentar