oleh

Siswa SMKN 2 Baleendah Sabet Juara 1 Karate Junior 2023

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Siswa SMKN 2 Baleendah Kabupaten Bandung M. Rizka Irvani, Novy Salwa, dan Janet menyabet Juara 1 Kata Junior dalam kejuaraan Karate Championship 2023 di SMK Sangkuriang 1 Tingkat Jawa Barat.

Kepala SMKN 2 Baleendah, Tatang menyebut, prestasi tersebut tak lepas dari perjuangan siswa yang tak lelah berlatih.

“arena, anak-anak kan seminggu misalnya latihan di sini, lalu ditambah di luar juga (di dojo/klub). Anak-anak jadi terpantau dan fisiknya terjaga, sehingga menghasilkan kualitas yang bagus,” papar Tatang di sekolah, Senin pekan lalu.

Pembina Ekskul Karate SMKN 2 Baleendah, Yayu Suci Rahayu pun tak bisa menutupi rasa bangga atas raihan prestasi yang diraih anak didiknya.

Baca Juga  Pj Gubernur Jabar Larang Kekerasan dan Perundungan di MPLS SMA/SMK

“Karena, yang berjuang itu mereka. Tapi bagaimana caranya biar mereka itu dapat feel-nya dengan mengapresiasi usahanya,” katanya.

Pihak sekolah, tambahnya, selalu mendukung berbagai kegiatan yang diikuti oleh anggota ekskul.

“Sekolah mendukung sekali. Dari pihak kesiswaan selalui nanyain gimana kemajuan anak-anak, sejauh mana anak-anak latihannya. Jadi, meski kadang dari materi terbatas, tapi dari segi morel selalu mendukung,” tuturnya.

Sementara Irvani dan Novy sama-sama mengaku mengenal karate sejak usia sekolah dasar. Jika Novy berangkat dari kesukaan, Irvani menekuninya dengan alasan kesehatan.

“Dulu pas kecil suka sakit-sakitan, jadi ikut olahraga (bela diri),” ucapnya.

Bagi Novy, kejuaraan paling berkesan yang diikuti adalah Kapolda Cup pada 2020. Sebab ia menjadi juara dengan mengalahkan 18 atlet lainnya dalam kategori kumite.

Baca Juga  Diduga Banyak Manipulasi Data, Tengah Imah Minta Disdik Jabar Verifikasi Data PPDB 2024

“Karena latihan udah sering di-push, jadi waktu tanding enggak sia-sia. Di sana sekitar 18 orang (atlet) saya lawan (dan menang) jadi juara 1,” kenangnya.

Irvani pun mengajak seluruh siswa Jabar agar mampu memaksimalkan diri untuk menyongsong masa depan. Caranya, dengan berani memaksakan diri.

***

Komentar

Berita Lainnya