oleh

Ridwan Kamil Berikan Motivasi Pada Siswa SMKN 1 Majalengka

JURNAL MEDIA, MAJALENGKA – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengajak peserta didik untuk optimis menghadapi masa depan. “Adik-adik harus optimis karena optimis adalah bahan bakar kehidupan,” ucap Gubernur saat memberi motivasi kepada siswa di SMKN 1 Majalengka, Rabu (7/6/2023).

Dua dekade ke depan, menurut Gubernur, Indonesia diprediksi menjadi negeri adidaya ke-4 di dunia. “Cara mencapai itu adalah pendidikannya harus nyambung dengan tantangan zaman. Jangan sampai pendidikannya kurang relevan dengan zaman,” ujarnya.

Untuk menggapai masa depan, tambahnya, salah satu bidang ekonomi yang harus dikuasai adalah ekonomi energi terbarukan.

Gubernur menjelaskan, ada tiga hal yang harus dimiliki agar bangsa Indonesia siap menuju kondisi tersebut. Yakni, kuasai ekonomi digital, tidak ada stunting, dan kendalikan kondusivitas.

Baca Juga  Disdik Jabar Keluarkan SE Mekanisme Pengisian CPD pada Sekolah yang Minim Kuota

Ia pun berpesan kepada para guru bahwa guru adalah pengganti orang tua. “Jadi, jangan hanya belajarnya saja, tapi kanyaahnya juga harus ada untuk siswa,” pesannya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Majalengka, Nana Sujana mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya ini telah mendapatkan banyak prestasi. Mulai dari menjadi SMK BLUD, SMK Pusat Keunggulan serta berkembangnya teaching factory dari berbagai jurusan. Salah satunya, motor listrik yang dibuat oleh siswa kompetensi keahlian teknik sepeda motor.

Selain dihadiri Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya, peninjauan tersebut juga dihadiri oleh Asisten Daerah I Pemprov Jabar, Dedi Supandi, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Dewi Nurhulaela serta Sekda Kab. Majalengka, Eman Suherman. (red)

Komentar

Berita Lainnya