oleh

Jelang Puasa Kebutuhan Pokok di Sukabumi Aman

Sukabumi, Jurnalmedia.com – Menjelang datangnya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa pekan lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi gencar melakukan pengawasan terhadap kebutuhan pokok dan barang yang dinilai startegis. Pengamat kebijakan publik lokal Sahid Arsalan mengatakan agar jangan sampai semua komoditas yang dibutuhkan menjelang bulan ramadhan itu mengalami kelangkaan dan terjadi kenaikan yang tidak wajar.

“Bulan puasa itu kan tinggal beberapa pekan lagi, Pemkot melalui dinas terkait harus segera turun kelapangan melakukan pengawasan terhadap komoditas, terutama yang dibutuhkan masyarakat saat menyambut bulan puasa,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/04/18).

Adanya pengawasan itu kata Sahid, untuk memantau semua komoditas, baik itu stoknya dan aman di konsumsi. Artinya, memebrikan rasa aman kepada masyarakat bahwa menjelang puasa nnati smeua komoditas yang dibutuhkan cukup tersedia.”Sealin itu juga, untuk mengawasai baranag jika terjadi kenaikan harga yang bisa meresahkan masyarakat,”terangnya.

Baca Juga  Landmark Taman Megalodon Rusak Tak Terawat

Sahid juga mengakui, jika di Kota Sukabumi saat menjelang puasa sampai menjelang lebaran, semua kebutuhan pokok tergolong aman dan stoknya bisa dikatakan aman. Namun, lanjut Sahid jangan sampai ada semabko yang nmengalami penaikan harganya ,membuat resah masyarakat.

“Misalkan, minyak goreng curah tiba-tiba menjadi Rp 25 ribu/kg nya sementara harga normal ada dikisaran Rp 11 ribu. Nah itu yang perlu diwaspadai oleh pemerintah,”tegasnya.

Pemerintah juga bukan hanya terfokus kepada komoditas saja, melainkan kepada barang strategis lainya. Salah satunya stok gas LPG biasanya jika menjelang bulan puasa sering terjadi kelangkaan, sehingga menyebabkan kepanikan masyarakat.

“Pemkot secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak Hiswanamigas, agar bisa meminta stok yang cukup banyak, mengingat kebutuhan gas di bulan puasa sampai menjelang lebaran sangat tinggi,”katanya.

Baca Juga  PWI Lampung Gelar Diklat Wartawan Muda Angkatan III Tahun 2024

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan Perindutrian (Diskopdagin) Kota Sukabumi Ayep Supriatna mengaku sampai saat ini terus melakukan pengawasan terhadap komoditas yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat menjelang puasa. Diakuinya meski sampai minggu ini belum ada komoditas yang mengalami kenaikan harga.

“Sebenarnya pengawasan terhadap komoditas, baik itu sembako dan lainya kita pantau terus kelapangan setiap harinya, karena itu menjadi tugas rutin kita untuk mengawasai kebutuhan pokok dan barang startegis lainya. Sedangkan menjelang puasa nanti, sejuh ini belum ada tanda-tanda komoditas yang naik. Artinya masih stabil,”terang Ayep.

Ditambahkannya, menjelang puasa dan lebaran yang mengalami kenaikan harga itu biasanya sembako dan komoditas yang dibutuhkan saat menjelang puasa dan lebaran nanti.Tapi sampai hari kemarin, di kota sukabumi tergolong aman dan lancar “Stoknya juga bisa dibilang cukup dan banyak,”pungkasnya.

Baca Juga  Novriwan Jaya: Peran Pers Penting Untuk Kemajuan Tubaba

Zar

Komentar

Berita Lainnya