oleh

DPRD Jabar Dorong Disentralisasi Pelayanan Disdukcapil

Bandung, Jurnalmedia.com –  DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) meminta percepatan pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Kabupaten Bandung. Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jabar, Diding Saepudin Zukhri, saat meninjau langsung tempat pelayanan Disdukcapil.

Menurut Diding, antrean yang sedemikian banyak dikhawatirkan dapat mengurangi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemerintah.

“Tadi pas saya lihat di loket semuanya pada antre sampai keluar pintu gedung,” keluh Diding di Kantor pelayanan Disdukcapil Kab. Bandung, Senin (18/3/2019).

Diding menambahkan, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya mendorong semua Disdukcapil se-Jabar untuk meninhkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Pelimpahannya dapat dilakukan di tingkat kecamatan hingga ke desa-desa.

“Tentu ada cara untuk mengurangi antrian warga baik yang akan membuat KTP maupun Kartu Keluarga (KK),” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, perekaman KTP untuk WNA juga harus didata dengan baik dan ekstra hati-hati. Pasalnya, di tahun politik ini kesalahan sedikitpun dapat memicu berbagai masalah. Seperti kasus WNA yang terdaftar sebagai DPT di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

“Jangan sampai gara-gara kekeliruan saat mengentry data penduduk semua terkena imbasnya,” katanya.

Mun

Komentar

Berita Lainnya